Pages

Sabtu, 22 Mei 2010

Apa itu Rokok ?

ROKOK
Ada dua jenis rokok, rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintetis yang berfungsi menyaring nikotin.tetapi walaupun filter trsebut dapat menyaring nikotin tetap saja rokok berbahaya bagi tubuh, karena dalam rokok juga terkandung zat adiktif yang berbahaya bagi tubuh kita.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung.


Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

KANDUNGAN ROKOK

Setiap batang rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih 4 000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan boleh membawa maut. Dengan ini setiap sedutan itu menyerupai satu sedutan maut. Di antara kandungan asap rokok termasuklah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi tersangka yang menjalani hukuman mati, dan banyak lagi. Bagaimanapun, racun paling penting adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida.

Tar mengandungi sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanker (karsinogen). Bahan seperti benzopyrene yaitu sejenis policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) telah lama disahkan sebagai agen yang memulai proses kejadian kanker.

Nikotin turut menjadi pemicu utama risiko serangan penyakit jantung dan struk. Hampir satu perempat mangsa pesakit jantung adalah hasil dari merokok. Di Malaysia, sakit jantung merupakan menyebab utama kematian sementara struk adalah pembunuh yang keempat.

Karbon Monoksida adalah gas beracun yang biasanya dikeluarkan oleh ekzos kendaraan. Gas ini menjejaskan bekalkan oksigen ke tisu-tisu hingga ianya menjadi terencat dan akhirnya boleh menyebabkan maut sekiranya paras karbon monoksida di dalam badan melebihi 60%.

Apabila racun rokok itu memasuki tubuh manusia ataupun hewan, dia  akan membawa kerusakkan pada setiap organ disepanjang jalurnya, yaitu bermula dari hidung, mulut, saluran pernafasan, paru-paru, saluran darah, jantung, organ pembiakan, sehinggalah ke saluran kencing dan kantung kemih, yaitu apabila sebagian dari racun-racun itu dikeluarkan dari badan.

PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN

1. Cara mencegah menggunakan rokok.
    a. Tidak terpengaruh oleh ajakan teman.
    b. Menghindari pergaulan yang tidak baik.
    c. Selalu menuruti nasihat orang tua.
    d. Mengetahui bahaya merokok.
    e. Selalu melakukan kegiatan yang positif.

2. Cara meninggalkan ketergantungan terhadap rokok.
   a. Mengurangi jumlah rokok yang dihisap tiap harinya. Misal menghisap rokok 1 bungkus per hari dikurangi     menjadi 2 batang per hari.
    b. Membeli rokok yang kadar tar dan nikotinnya rendah.
    c. Konsultasi ke dokter tentang cara meninggalkan kebisasaan merokok.
    d. Mengganti kebiasaan merokok dengan kebiasaan lain. Misal mengulum permen karet.
    e. Merasakan akibat dari merokok itu sendiri sehingga kapok lagi untuk merokok.
    g. Melihat akibat dari merokok terhadap lingkungan sekitar kita.
    h. Merenungkan banyaknya uang yang kita keluarkan hanya untuk membeli rokok.
    i. Setelah berhasil meninggalkan rokok jangan coba-coba lagi merokok.

Tetapi semua itu tentunya harus didasari oleh keingingan yang kuat sehingga dapat berjalan lancar dan dapat memperbaiki kualitas hidup kita.

0 komentar:

Posting Komentar